Jum’at, tanggal 11 September 2020 bertempat di Ruang Transit Kepala Sekolah dilaksanakan penandatangan MoU antara SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan Rapel terkait dengan penanganan sampah. Mou ditanda tangani oleh Kepala Sekolah Ibu Wiwik Indriyani, S.Pd., M.Si. dengan direktur Rapel Ibu Sekti Mulatsih. Rapel adalah aplikasi untuk menjual sampah anorganik yang masih memiliki nilai jual dan telah dipilah menurut jenisnya oleh pemilik sampah yang menjadi user/pengguna aplikasi. Sampah dijual kepada kolektor atau agen pengepul sampah yang menjadi mitra aplikasi.

Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kepedulian warga SMK Negeri 6 Yogyakarta melalui Bank Sampah Handerbeni terhadap pemilahan sampah.

Bank sampah berdiri untuk pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi warga sekolah.

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan warga sekolah yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.