Guru- guru tampak antusian dalam kegiatan Latihan karawitan di Aula SMK Negeri 6 Yogyakarta. Latihan rutin ini dimulai sejak pencanganan kegiatan Kridha Widya Pratita, sebagai program unggulan sekolah. Kegiatan ini termasuk dalam kegiatan olah seni yang dilakukan Bapak/ Ibu Guru disela-sela kesibukan mengajar.
Latihan karawitan yang dibimbing oleh Ibu Nika Yunianingsih, S.Sn ini berlangsung setiap tanggal 22 setiap bulannya bertepatan dengan Hari Kridha. Baik Guru mapta pelajaran Nasional dan Kewilayahan dan Guru Kejuruan terlibat dalam kegiatan ini. Bagi bapak ibu guru yang tidak berlatar belakang seni, kegiatan ini sekaligus mengenalkan tentang tangga nada pentatonis, yakni pada gamelan yang berlaras pelog dan slendro. Adapun Gendhing Jawa yang dilatih adalah Gangsaran, Manyar Sewu, Bindri, Gugur Gunung dan Kuwi apa Kuwi.
Kegiatan ini memiliki manfaat positif bagi Bapak Ibu Guru serta lingkungan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Bapak Ibu Guru menjadi mengenal jenis gamelan, berlatih teknik menabuh, bentuk tangga nada, laras, pathet, tata krama sikap dalam memainkan alat musik gamelan, bahkan tips untuk bisa duduk dengan nyaman saat memainkannya.
Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan bisa menjadi salah satu pengembangan dan pelestarian seni karawitan yang menjadi warisan leluhur, sehingga kelak makin dicintai dan dilestarikan di setiap generasi. Hal ini sekaligus menjadi teladan bagi para siswa untuk dapat berkativitas seni dan mencintai budaya yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta.

*Penulis : Widuri Indah DJ, S.Pd