Menyiapkan peserta didik siap bekerja dalam Dunia usaha dan Dunia industry dilakukan tidak hanya melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah. 3 unsur yang diterapkan oleh industry dalam merekrut sumber daya adalah berdasarkan keseimbangan antara Skill, Attitude dan Knowledge serta softskill terkait motivasi, komunikasi, kemandirian, kerja keras dan kepercayaan diri. Tiga unsur ini tidak dapat terbentuk secara instan, namun perlu dilatih dengan tekun oleh peserta didik dengan bimbingan guru. Melalui kegiatan belajar disekolah 30% materi dapat terserap, sehingga 70% untuk memenuhi tiga unsur tersebut beserta softskill dapat dilakukan dengan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). PKL sendiri merupakan model penyelenggaraan pendidikan yang dirancang untuk memudahkan para siswa mencapai keterampilan keahlian sesuai dengan program keahlian masing – masing. Pendekatan ini merupakan upaya untuk menyesuaikan antara kebutuhan lapangan kerja dan penyediaan tenaga kerja. Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan pemberian pengalaman belajar sebagian diberikan di sekolah dan sebagian lagi di dunia usaha / dunia industri.
Praktik Kerja Lapangan adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia usaha / dunia industri untuk memperoleh suatu keahlian profesional tertentu, yang dinamakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Pada tahun pembelajaran 2018/2019, pelaksanaan PKL dilakukan selama 6 bulan untuk semua Kompetensi Keahlian yakni Usaha Perjalanan Wisata, Perhotelan, Kuliner, Tata Busan, Tata Kecantikan dan Spa and Beauty therapy. Industri tempat peserta didik dilatih adalah industry tterbaik dan terpilih yang telah menjalin kerjasama bertahun-tahun. Selanjutnya pada kegiatan penyelenggaraan praktik di lapangan diharapkan siswa memiliki etos kerja yang baik, seperti; kemampuan kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, produktivitas, disiplin waktu dan kerja sama.

Penulis : RR Listianing Riandari, SE (Guru Perhotelan)